Samsung Galaxy A30 Harga April 2020 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A30
  • HP
    SAMSUNG A30
  • Harga
    Mulai Rp2.050.000
  • RAM
    3GB / 4GB
  • ROM
    32GB / 64GB
  • CPU
    Exynos 7904
  • OS
    Android Pie 9.0
  • Layar
    Super AMOLED 6,4 inci FHD+
  • Kamera
    15+6 MP
  • Baterai
    4000 mAh
Awal tahun 2019, Samsung kembali menghadirkan ponsel Galaxy A30 untuk meramaikan pasar segemen menengah dan sekaligus menjadi pesaing baru bagi smartphone sekelas lainnya. Selain seri ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut juga meluncurkan ponsel A series lainnya, yaitu Galaxy A10 dan Galaxy A50.

Samsung Galaxy A30 merupakan ponsel Android kelas menengah yang resmi diluncurkan pada bulan Maret 2019 di India. Dan pada bulan yang sama, ponsel ini juga resmi masuk ke Indonesia. Ada beberapa sektor yang menjadi nilai jual utamanya, termasuk kamera, baterai, performa, layar luas hingga harganya yang tidak terlalu mahal. Yaitu mulai Rp 3 jutaan saja.

Samsung A30 Review

Samsung Galaxy A30 Spesifikasi
Source: Samsung.com
Dibandingkan dengan generasi A-Series keluaran 2018 kebawah, kini jajaran elit A series lini 2019 termasuk A30 kini telah banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari perombakan tampilan demi mengikuti trend desain terkini, peningkatan segi fotografi dan performa, hingga baterai berdaya tampung jumbo untuk menemani keseharian penggunanya.

Desain

Hampir semua lini A Series 2019 hadir dengan desain bodi berbahan Glasstic, termasuk A30. Glasstic dalam hal ini pada dasarnya merupakan material plastik, tetapi lebih mirip kaca. Bukan hanya pada casing belakang, bingkainya juga terbuat dari bahan tersebut. Potongan Glasstic yang menutupinya ditekuk ke semuah arah sisi yang terlihat sangat mencolok, mengkilat dan mempesona. Efek ini berlaku untuk semua warna, yang dalam hal ini ada tiga pilihan yang tersedia, diantaranya biru, putih, atau hitam.

Dual kamera utama yang ada di bagian belakang, ditempatkan di bagian atas kiri yang ditumpuk secara vertikal. Dimana pada lensa atas memiliki pengaturan 5 MP, kemudian dibawahnya ada lensa primer 16 MP yang disusul lampu kilatan LED. Di bagian tengah, ada sebuah sensor pemindai sidik jari berbentuk oval, namun posisinya sedikit disorong ke atas. Sehingga untuk menjangkaunya mungkin agak sedikit sulit.

Pada bagian depannya, terdapat sebuah panel Super AMOLED 6,4 inci yang didesain dengan takik berbentuk U di atasnya. Samsung menyebutnya sebagai "Infinity-U". Didalamnya terdapat sebuah kamera 16 MP, kemudian diatasnya ada sebuah lubang suara tipis yang nyaris tak terlihat. Sisi kiri, kanan atau atas panel A30, mempunyai bezel lumayan tipis, tetapi dibagian bawah masih menyisakan bezel yang cukup lumayan tebal.

Slot kartu memori, SIM, pengatur suara dan tombol power ada di sebelah kanan, sedangkan lubang speaker, port 3.5mm audio jack dan port USB ada di bagian bawah Galaxy A30. Profil keseluruhan ponsel ini terasa lebih premium dengan bodi tipis yang nyaman dalam genggaman. Meski demikian, saat dalam saku celana terasa agak kebesaran dan sedikit mengganggu. Dimensinya sendiri adalah 7,7 x 74,7 x 158,5 mm dengan bobot 165 gram.

Layar

Salah satu fitur penjualan utama Galaxy A30 adalah pada sektor layar. Ya, panelnya selain memiliki ukuran super luas yakni berdiagonal 6,4 inci, juga terbuat dari teknologi Super AMOLED. Seperti yang kita tau, bahwa jenis ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan IPS LCD. Termasuk mampu menghemat konsumsi daya hingga 40%, lebih kaya warna, menampilkan grafik yang lebih terang dan detail, serta beberapa keunggulan lainnya.

Resolusinya juga sudah FHD+ (2340 x 1080) dengan aspek rasio aspek lebih besar 19,5:9 serta mempunyai kerapatan piksel 403 ppi. Dipadukan dengan mode Adaptive, Visual yang ditampilkannya mampu mereproduksi warna berbeda secara akurat. Lalu untuk melindunginya dari goresan yang tidak diinginkan, maupun retak saat ponsel mengalami benturan, Samsung melapisinya dengan teknologi Corning Gorilla Glass 3 dan Scratch Resistant.

Tetapi kami sarankan agar tetap menambah perlidungan layar seperti Tempered Glass atau Screen Protector. Karena tidak ada jaminan bahwa kedua teknologi tersebut bisa melindungi layar A30 hingga 100% dari berbagai ancaman goresan yang selalu mengintai setiap saat.

Performa

Sama seperti Galaxy A70, saat Galaxy A30 pertama kali masuk ke pasaran, telah berjalan pada perangkat lunak One UI yang pada dasarnya merupakan Android Pie versi 9.0. Dibandingkan dengan versi terdahulu, perangkat lunaknya ini kini dikemas dengan tampilan yang lebih segar, icon berwarna-warni dengan penyajian yang lebih simple dan sederhana.

Selain itu, semua penyajian menu sistem, termasuk notifikasi, navigasi, menu drop-down, recent semuanya ditempatkan pada posisi yang mudah dijangkau oleh ibu jari pengguna. Agar tidak membosankan, Samsung juga menambah beberapa style dengan beragam warna untuk tampilan Always-on display, sehingga pengguna bisa memilih gaya sesuai yang diinginkannya.

Untuk menopang performa Galaxy A30, perusahaan asal Negeri Gingseng tersebut membekalinya dengan chipset Exynos 7904, yang mengemas prosesor octa-core. Dimana 2x bekerja pada teknologi Cortex-A73 dengan kecepatan 1.8 GHz dan 6x Cortex-A53 pada kecepatan 1.6 GHz. Sayangnya, chipset Exynos 7904 hanya berjalan pada node 14 nanometer. Sehingga performa yang dihasilkan mungkin sedikit kurang gahar.

Adapun untuk menangani grafis dan juga memori, prosessor Exynos 7904 disandingkan GPU Mali-G71 MP2 dan RAM 3GB atau 4GB. Dari beberapa uji coba performa kami kutip dari GSMArena.com, yang dalam hal ini meliputi test single core, multi core hingga skor AnTuTu, performa Galaxy A30 tidaklah tampil buruk, tetapi juga tidak begitu mengesankan.

GeekBench 4.1 (single-core)

Samsung Galaxy A501.715
Xiaomi Redmi Note 71.650
Realme U11.567
Samsung Galaxy A401.325
Samsung Galaxy A301.319
Samsung Galaxy M201.313

Dari test single-core yang dilakukan pada GeekBench 4.1, Galaxy A30 memiliki kecepatan yang hampir sama dengan dua ponsel Samsung lainnya, yakni Galaxy A40 dan Galaxy M20. Tetapi tidak mengherankan, karena ketiga ponsel tersebut sama-sama mengemas Chipset Exynos 7904 sebagai otak pemrosesan mereka.

GeekBench 4.1 (multi-core)

Realme U16.004
Xiaomi Redmi Note 75.411
Samsung Galaxy A505.396
Samsung Galaxy M204.160
Samsung Galaxy A304.146
Samsung Galaxy A404.112

Meski seri A30 lebih rendah, nyatanya ponsel ini mampu mengalahkan Galaxy A40. Tetapi skornya tidak terlalu terpaut jauh.

AnTuTu 7

Samsung Galaxy A50144.574
Realme U1144.436
Xiaomi Redmi Note 7139.075
Samsung Galaxy M20108.658
Samsung Galaxy A40106.388
Samsung Galaxy A3096.550

Ada apa dengan Galaxy A30, apakah performanya memang seburuk itu? Bahkan untuk mencapai skor 100ribu, ponsel tersebut pun tak sanggup. Padahal untuk smartphone sekelasnya, bisa dengan mudah mampu mencetak skor yang jauh lebih baik.

Tetapi overall kinerja A30 tidaklah terlalu buruk, meski skor AnTuTu hanya mencapai 96.550 saja. Namun, untuk bermain game berat yang memiliki resolusi FHD, dipastikan tidak akan berjalan mulus seperti Galaxy A50 atau Realme U1.

Kamera

Samsung Galaxy A30 mempunyai dua lensa pada kamera belakang. Lensa utama memiliki konfigurasi 16 MP dengan dukungan PDAF dan lensa kedua beresolusi 5 MP aperture f/2.2 yang berfungsi untuk mengambil tangkapan dengan sudut ultra-lebar 123°. Ada juga lampu kilatan LED untuk membatunya memberikan pencahayaan tambahan saat proses pengambilan gambar atau video. Sayangnya, tidak ada lensa khusus untuk mode kedalaman atau live focus, sehingga untuk mengambil gambar efek bokeh, harus menggunakan lensa utama.

Meski begitu, gambar efek bokeh tetap bisa diambil, tetapi fokus objek dengan latar belakang blur tidaklah sebagus apabila ada lensa khusus sensor kedalaman. Ada mode Pengoptimal Adegan yang ditenagai oleh kecerdasan buatan atau AI dengan kemampuang mengenali 19 jenis adengan. Seperti makanan, bunga, pantai, sunset dan sebagainya, sehingga tangkapan gambar yang dihasilkan bisa lebih baik dengan menyesuaikan kondisi disekitarnya.

Sementara kamera depan, mengandalkan konfigurasi yang sama dengan lensa utama kamera belakang, yakni 16 MP. Tetapi memiliki aperture berbeda, dimana kamera belakang adalah f/1.7 sedangkan selfie f/2.0. Sehingga kualiatas gambar / video yang dihasilkan mungkin akan jauh berbeda.

Kualitas Gambar

Di tempat dengan cahaya intensitas tinggi, seperti di luar ruangan, Kamera utama Galaxy A30 ternyata lebih bagus, memiliki banyak detail halus, kontras yang sangat baik, serta warna realistis.

Beruntung, ada mode malam yang disertakan kedalam kamera belakang A30, sehingga gambar yang diambil pada malam hari bisa lebih baik. Meski begitu, terkadang ada sedikit bintik-bintik di sekitar gambar. Namun hal itu masih sangat wajar, mengingat ponsel ini memiliki banderol harga yang cukup lumayan terjangkau.

Lalu bagaimana dengan hasil kamera depannya? Lensa berkekuatan 16 MP dapat memberikan hasil yang lebih detail dan kontras warna yang sangat baik.
Tetapi saat hendak mengambil gambar, jarak harus tepat. Karena jika terlalu dekat atau jauh, maka hasilnya tidak terlalu bagus.

Kualitas Video

Kamera belakang Galaxy A30 secara default hanya dapat merekam video resolusi FHD (1920 x 1080) pada kecepatan 30fps. Namun kalian bisa merekam video 4K dengan cara mendownload aplikasi Open Camera atau sejenisnya di Play Store.

Tetapi, kualitasnya sangatlah terbatas. Terkadang kecepatan frame rate video bisa drop hingga 20fps, sehingga klip yang dihasilkan terlihat seperti patah-patah. Selain itu, kalian juga bisa mengambil video ultra-wide pada resolusi 1080@30fps. Adapun kemampuan kamera depan dalam merekam video, hanya mampu merekam 1080p@30fps. Tidak ada mode 4K ataupun ultra-wide video.

Baterai

Sama persis dengan Galaxy A50, perangkat pendatang baru ini juga dibekali baterai Non-removable Li-Po berkapasitas 4.000 mAh dan telah didukung oleh fastcharging 15 watt. Fastcharging tersebut mampu mengisi ulang daya 60% hanya dalam waktu satu jam. Dari hasil pengetesan yang kami kutip dari GSMArena.com, daya tahan baterai Galaxy a30 mampu bertahan selama 11 jam lebih untuk browsing internet, 14 jam setengah memutar video dan hampir 25 jam untuk panggilan suara.

Tetapi saat ponsel ini digunakan pada kegiatan campuran, misalnya bermain game, memutar musik, nonton video, browsing, voice / video call dan beberapa aktivitas lainnya, rata-rata mampu bertahan selama 92 jam.

Oppo F11 Pro109 jam (4.000 mAh)
Redmi Note 7108 jam (4.000 mAh)
Samsung Galaxy A5098 jam (4.000 mAh)
Samsung Galaxy A3092 jam (4.000 mAh)
Realme X86 jam (3.765 mAh)

Walaupun kapasitas dan fitur pengisian cepat baterai A30 sama persis dengan A50, tetapi daya tahan secara menyeluruh tidaklah sama. Dimana ketahanan baterai A50 sedikit lebih unggul 6 jam.

Samsung A30 Spesifikasi Lengkap

UMUM
BrandSamsung
ModelGalaxy A30
SeriSM-A305F
ReleasedFebruari 2019
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
NETWORK
SIMDual
Koneksi2G, 3G, 4G
Data
  • 2G: 384 Kbps
  • 3G: 42 Mbps / 5,7 Mbps
  • 4G: 450 Mbps / 100 Mbps
BODI
Dimensi7,7 x 74,7 x 158,5 mm
Berat165 gram
Material
  • Plastik
Warna
  • Hitam
  • Putih
  • Biru
LAYAR
JenisSuper AMOLED
Ukuran6,4 inci
Resolusi2340 x 1080 piksel
Rasio19,5:9
PPI403
Pelindung
  • Scratchh resistant
  • Corning Gorilla Glass 3
Fitur
  • Kapasitif
  • Multi sentuh
SOFTWARE
OSAndroid Pie 9.0
UIOne UI
HARDWARE
ChipsetExynos 7904
Proses14 nm
CPU8 (octa)
Speed
  • 2x Cortex-A73 @1.8 GHz
  • 6x Cortex-A53 @1.6 GHz
GPUMali-G71 MP2
MEMORI
RAM
  • 3 GB
  • 4 GB
Storage
  • 32 GB
  • 64 GB
Ekspansi microSD hingga 1 TB
KAMERA UTAMA
Dual
  • 16 MP (f/1.7)
  • 5 MP (f/2.2)
LED Flash
Video
  • 1080p@30fps
Fitur
  • Panorama
  • HDR
  • Wide-angel 123°
SELFIE
Single16 MP (f/2.0)
LED Flash
Video1080p@30fps
Fitur
  • Face Unlock
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4.000 mAh
Pengisian Cepat 15 Watt
KONEKTIVITAS
USB2.0 Type-C 1.0
Bluetooth5.0
WiFi802.11 a/b/g/n/ac (dual-band)
Radio
GPS
3.5mm jack
NFC
SENSOR
Keamanan
  • Fingerprint (belakang ponsel)
  • Face Unlock
Lainnya
  • Accelerometer
  • Proximity
  • Light
  • Gyrocsope
  • Compass
HARGA
Baru
  • Rp 3.099.000 (3/32 GB) Beli
  • Rp 3.399.000 (4/64 GB) Beli
BekasRp 1,7 jutaan
TERKAIT
Samsung Galaxy A10s Samsung Galaxy A20s
Samsung Galaxy A30s Samsung Galaxy A50s

Samsung Galaxy A30 Harga

Samsung Galaxy A30 Harga
Source: Samsung.com
Saat pertama kali rilis di Indonesia, Samsung Galaxy A30 dijual dengan harga perdana Rp 3.099.000 model RAM 3/32 GB dan Rp 3.399.000 untuk RAM 4/64 GB. Tetapi saat ini, di tanah air kebanyakan yang beredar hanya model 4/64 GB saja. Sementara yang RAM 3/32 GB sepertinya sudah tidak banyak dijual lagi. Berikut harga terbarunya.
HARGA TERBARU
LazadaRp2.050.000 (4GB)Cek
ShopeeRp2.379.000 (4GB)Cek
TokopediaRp2.450.000 (4GB)Cek
JD.idRp3.299.000Cek
HARGA RESMI
Samsung A30 3GB/32GBRp 3.099.000Terhenti
Samsung A30 4GB/64GBRp 3.399.000

Kelebihan Samsung A30

  • Desain bodi terasa premium.
  • Layar Super AMOLED 6,4 inci dan kaya warna.
  • Kamera mantap di segala kondisi.
  • Baterai jumbo dengan daya tahan mengesankan.
  • Harga lumayan terjangkau.
  • Fitur lebih komplit.

Kekurangan Samsung A30

  • Material bodi dari bahan plastik.
  • Tidak ada perlindungan terhadap masuknya air/debu ke ponsel.
  • Performa kurang handal.
  • Bagian atas layar agak susah dijangkau.

Our Rating
3.85 / 5 average based on 7 reviews.
Desain4.0
Layar4.5
Performa3.5
Kamera4.0
Baterai4.0
Fitur3.0
Harga4.0