Samsung Galaxy A70 Harga Juni 2020 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A70
  • HP
    SAMSUNG A70
  • Harga
    Mulai Rp 5.799.000
  • RAM
    6GB / 8GB
  • ROM
    128GB
  • CPU
    Snapdragon 675
  • OS
    Android Pie 9.0
  • Layar
    Super AMOLED 6,7 inci FHD+
  • Kamera
    32+8+5 MP
  • Baterai
    4500 mAh
Generasi baru Galaxy A-series kini semakin lengkap dengan hadirnya Galaxy A70 yang membawa berbagai fitur baru dan unggulan dikelasnya. Mulai dari desain kece, layar luas sAMOLED, tiga kamera utama, memori besar, performa gesit hingga baterai berkapasitas jumbo.

Meski demikian, tidak semua fitur yang dulu dijumpai pada generasi A series 2018 kebawah, juga disematkan pula di dalam ponsel ini. Misalnya tidak adanya sertifikasi IP68 (tahan debu/air), casing belakang tidak terbuat dari bahan kaca dan pengurangan beberapa fitur lainnya.

Tetapi salah satu bagian yang paling terbaik dari ponsel ini adalah harganya. Bukan soal murah atau terjangkaunya, melainkan spesifikasi dan fitur yang ditawarkannya sudah sepadan dengan harganya.

Sebelum merilis A70, Samsung juga telah meluncurkan beberapa varian baru dari A-Series, mulai kelas entry-level hingga high-end. Diantaranya Galaxy A10, A20, A30, A40, A50, A60 dan A80.

Samsung Galaxy A70 Review

Samsung Galaxy A70 Spesifikasi
Source: WondaMobile.com

Desain

Dari seluruh jajaran A-Series 2019, Samsung Galaxy A70 dan A80-lah yang mengemas bodi berukuran paling besar, yaitu memiliki panjang 164,3 mm dan lebar 76,7 mm. Dimensinya kurang lebih mirip dengan Galaxy S10+ atau Note 9.

Saat berada di dalam genggaman, A70 memang relatif pas di tangan, tetapi lain halnya saat berada dalam saku celana, yang begitu terasa kebesaran dan sedikit mengganggu.

Dari segi sentuhan finishing, ponsel ini tidak memiliki perbedaan yang begitu mencolok dengan A series 2019 lainnya. Dimana layarnya memiliki poni dewdrop berbentuk U yang mereka sebut sebagai "Infinity-U", tombol volume dan power di sisi kanan, SIM tray di sisi kiri atas serta audio jack 3,5mm dan port USB Type C di bagian bawah.

Tetapi, yang membuat A70 terkesan bukan seperti ponsel premium adalah material bodi dan bingkainya yang hanya terbuat dari bahan plastik saja, ditambah hilangnya fitur sertifikasi IP68. Padahal beberapa generasi A series terdahulu seperti A8 dan A8+ masih dibekali fitur IP68, bodi dari kaca dan bingkai dari logam.

Meski demikian, setidaknya bodi A70 terlihat mengkilap, bahkan menyerupai kaca. Samsung menyebutnya sebagai "3D Glasstic". Seperti namanya, bahan Glasstic ini memiliki tekstur warna yang dapat berubah-ubah, mengkilap dan memberikan efek pelangi saat terkena pantulan cahaya.

Bagian belakangnya tampak terlihat polos, yang ada hanya sebuah logo Samsung dan kamera utama di bagian kiri atas yang lensanya disusun vertikal, disusul LED flash disekitarnya.

Lanjut ke depan. Jelas terlihat hampir seluruh bagian depan A70 hanya didominasi layar saja. Ukuran dari sudut ke sudut adalah 6,7 inci. Nah inilah salah satu penyebab mengapa ponsel ini memiliki bodi yang begitu besar.

Bezelnya sangat tipis dan memiliki takik diatasnya yang berbentuk seperti huruf U. Didalamnya ada kamera selfie serta sebuah lubang suara yang nyaris tak terlihat. Sayangnya, layarnya terlihat sangat datar dan tidak memiliki lengkungan atau curved glass screen.

Layar

Salah satu bagian terbaik dari Samsung A70 adalah layarnya. Selain luas, juga berasal dari teknologi terbaik saat ini, yaitu Super AMOLED. Memang bukan rahasia lagi, bahwa AMOLED memiliki beberapa kemampuan lebih, termasuk mampu menampilkan warna yang begitu cerah, jernih, detail serta menghemat konsumsi daya baterai hingga 40%.

Hanya saja layarnya terasa begitu panjang dan sedikit kurang nyaman saat dioperasikan. Karena untuk mencapai konten yang ada di bagian atas layar posisi tangan harus diubah / direnggangkan terlebih dahulu. Meski begitu, layar panjangnya tersebut sangat mantap dan nyaman untuk bermain game atau nonton video.

Layar A70 didesain dengan bezel begitu tipis dan memiliki rasio sedikit lebih besar dibandingkan dengan ponsel keluaran 2019 lainnya, yaitu sebesar 20:9.

Sama seperti A50 dan A80, layar Galaxy A70 juga diberikan perlindungan anti gores Gorilla Glass 3 dan dibekali fitur berupa always-on display serta fitur keamanan terkini, fingerprint in-display.

Nah, berbicara mengenai fingerprint dalam layar A70 ini, akurasi dan kecepatannya memang tidak secepat fingerprint konvensional, tetapi sudah tergolong cukup bagus untuk mengenali sidik jari penggunanya. Letaknya ada dibagian bawah layar dengan posisi yang mudah dijangkau.

Performa

Galaxy A70 dikemas dengan perangkat lunak Android Pie 9.0 yang dikemas dengan menyajikan tampilan baru One UI. Banyak kustomisasi berat dan penambahan beberapa fitur baru yang disajikan lebih bersih, sederhana, efektif dan nyaman dibandingkan tampilan terdahulu, Samsung Experience UX.

Selain ikon baru yang disajikan berwarna-warni, juga mengemas navigasi dalam layar dengan tekstur baru serta penambahan tampilan baru Always-on display sehingga pengguna bisa menggantinya setiap saat.

Berbeda dengan seri A10 hingga A50 yang hanya diotaki oleh prosessor Exynos buatan Samsung, seri A60, A70 dan A80 justru mengandalkan chipset Snapdragon buatan Qualcomm. Mungkin karena ketiga seri ini merupakan ponsel kelas menengah atas, sehingga Samsung membenamkan chipset produksi Qualcomm.

Galaxy A70 sendiri diotaki oleh Snapdragon 675 yang diproduksi pada node 11 nanometer yang dikembangkan oleh Samsung dengan dengan memadukan antara node 14nm dan 10nm, tetapi dengan biaya yang lebih murah. Meski murah, tetapi proses 11nm ini lebih canggih ketimbang beberapa chip Snapdragon 600-series lainnya.

Snapdragon 675 ini mempunyai 8 core, dimana 2 core berjalan pada teknologi Kryo 460 Gold dengan kecepatan 2.0 GHz. Sedangkan 6 core lainnya berjalan pada teknologi Kryo 460 Silver dengan kecepatan clocking 1.7 GHz. Selain menggandeng chipset, Samsung juga menggandeng pengolah grafis Qualcomm, yaitu Adreno 612.

Kedua hardware tersebut, juga mendapatkan dukungan penuh dari RAM berkapasitas 6 GB atau 8 GB jenis LPDDR4X double channel dan penyimpanan internal berkapasitas jumbo 128 GB.

Berikut ini beberapa hasil test yang kami kutip dari oleh GSMArena.com yang meliputi test single core, multi core hingga skor AnTuTu.

GeekBench 4.1 (single-core)

Xiaomi Redmi Note 7 Pro2.404
Samsung Galaxy A702.391
Vivo V15 Pro2.386
Samsung Galaxy A501.715
Xiaomi Redmi Note 71.650

GeekBench 4.1 (multi-core)

Xiaomi Redmi Note 7 Pro6.620
Samsung Galaxy A706.584
Vivo V15 Pro6.527
Oppo F11 Pro6.020
Realme X5.915

Dari pengetesan single dan multi-core yang dilakukan pada situs GeekBench 4.1, tercatat Galaxy A70 hanya kalah bersaing dengan Redmi Note 7 Pro, tetapi mampu mengalahkan beberapa smartphone lain sekelasnya.

AnTuTu 7

Vivo V15 Pro180.774
Xiaomi Redmi Note 7 Pro180.754
Samsung Galaxy A70167.750
Oppo F11 Pro150.218
Samsung Galaxy A50144.574

Dari test secara menyeluruh pada AnTuTu 7, Galaxy A70 hanya mampu menempati posisi ketiga dari 5 ponsel yang diperbadingkan. Selisih skornya lumayan jauh berbeda dari Vivo V15 Pro dan Redmi Note 7 Pro. Padahal ketiganya, sama-sama ditenagai oleh chipset Snapdragon 675 dan GPU Adreno 612.

Meski demikian, Galaxy A70 mempunyai performa terbaik dan dapat diandalkan, terutama saat bermain game berat, melakukan tugas multitasking, ataupun untuk penggunaan sehari-hari.

Kamera

Fitur lain yang ditingkatkan dibandingkan generasi sebelumnya adalah pada sektor fotografi. Ada 4 buah kamera yang dibawanya, tiga dipunggung dan 1 buah di depan.

Triple kamera belakang memiliki konfigurasi lensa utama 32MP yang mampu menangkap foto tajam, cerah dan jernih. Lensa kedua 5MP untuk sensor kedalaman (live focus / bokeh) yang fokusnya dapat disesuaikan baik sebelum ataupun sesudah pengambilan gambar. Dengan ini pengguna dapat dengan mudah menonjolkan objek yang diinginkannya.

Sementara untuk lensa ketiga berkekuatan 8 MP. Lensa ini adalah Ultra Wide sensor yang mampu menangkap objek dengan sudut pandang luas 123 derajat, hampir menyerupai mata manusia.

Kamera utamanya ini didukung oleh fitur Scene Optimizer yang yang ditenagai kecerdasan buatan atau AI. FItur ini mampu mengenali hingga 20 adegan dengan menyesuaikan parameter untuk hasil terbaik. Termasuk Flaw Detection yang secara otomatis mengidentifikasi gangguan sebelum pengambilan gambar.

Selain itu, didalam chipset Snapdragon 675 juga telah disematkan teknologi image signal processor (ISP) Spectra 250L. Sehingga proses pengambilan gambar atau perekaman video bisa jauh lebih mulus, cepat dan dinamis, terutama saat perekaman video slow-motion 240 fps.

Lalu bagaimana dengan kamera depan? Kamera selfie A70 konfigurasinya memang sama dengan lensa utama kamera belakang, yaitu 32 MP, tetapi memiliki bukaan yang berbeda. Dimana kamera belakang memiliki bukaan f/1.7, sementara selfie f/2.0. Sehingga kualitas tangkapan yang dihasilkan akan sedikit berbeda.

Kualitas Gambar

Secara default, kamera utama dan selfie Galaxy A70 diatur dalam mode 12 MP, tetapi ini bisa diubah ke mode 32 MP / 3:4H. Namun saat dalam mode ini, pengguna tidak dapat menggunakan mode HDR apapun.

Di tempat dengan cahaya cukup, kualitas dari tangkapan pada resolusi 32MP, menghasilkan gambar yang memukau, lebih jelas, terang, kaya warna dan terlihat sangat mengagumkan.

Tetapi saat malam hari, gambar yang dihasilkan kurang begitu memuaskan, terlebih tidak adanya mode malam pada kamera ini. Sehingga terkadang tangkapan objek terlihat seperti memiliki bintik-bintik di sekitar gambar.

Kualitas Video

Kamera utama Galaxy A70 mampu menangkap video 4K pada kecepatan 30fps dengan kontras yang sangat baik, dinamis dengan presentasi warna akurat. Sementara kecepatan 60fps atau slowmotion 240fps pada mode 1080p.

Di sisi lain, pengguna juga dapat menggunakan lensa ultra-wide-angle untuk video, tetapi hanya pada resolusi 1080p@30fps saja.

Sedangkan kamera depan, hanya memiliki kemampuan untuk merekam video 1080p pada kecepatan 30fps saja.

Baterai

Satu-satunya Galaxy A series yang berbekal baterai berkapasitas 4.500 mAh hanya Samsung A70 saja. Padahal ada seri lebih tinggi lainnya, seperti A80 hanya berbekal baterai 3700 mAh saja. Tentu saja ini merupakan hal baik bagi HP A70 ini, yang sekaligus menjadi salah satu nilai jual tambahan.

Selain berkapasitas besar, baterainya juga telah didukung oleh fitur pengisian cepat 25 watt melalui USB Type C dengan kemampuan mengisi ulang daya dari 0 hingga 42% selama 30 menit saja.

Sekali lagi, dalam pengujian yang dilakukan oleh GSMArena.com, ketahanan baterai Galaxy A70 memberikan hasil yang memuaskan. Saat melakukan web browsing, ponsel ini mampu bertahan selam 13 jam lebih, 17 jam lebih memutar video dan panggilan suara hampir 38 jam.

Namun saat digunakan dengan berbagai aktivitas seperti menelpon, memutar musik / video, bermain game, browsing dan sebagainya, ketahanannya mencapai kurang lebih 103 jam.

Oppo F11 Pro109 jam (4.000 mAh)
Samsung Galaxy A70103 jam (4.500 mAh)
Vivo V15 Pro92 jam (3.700 mAh)
Samsung Galaxy A5098 jam (4.000 mAh)
Realme X86 jam (3.765 mAh)

Dari grafik yang diperlihatkan di atas, ketahanan A70 bisa dengan mudah dikalahkan oleh Oppo F11 Pro yang hanya mempunyai baterai berkapasitas 4000 mAh saja. Hal ini menyimpulkan bahwa daya tahan sebuah baterai tidak dapat diukur dari besaran kapasitasnya saja, melainkan beberapa faktor pendukung lainnya. Misalnya dari segi prosessor, layar, koneksi internet dan sebagainya.

Overall, daya tahan baterai A70 sudah cukup memuaskan dan menjanjikan, sehingga pengguna tidak akan mudah kehilangan momen penting hanya karena daya baterai cepat habis.

Harga

Jajaran A-Series tahun ini, termasuk Galaxy A70 sepenuhnya telah banyak mengalami perubahan dibandingkan generasi terdahulu (A-series 2018 kebawah). Mulai dari peningkatan beberapa sektor spesifikasi, pemangkasan harga hingga pengurangan beberapa fitur.

Salah satu fitur yang dahulu sangat populer, dimana sudah tidak ditemui pada generasi terbaru ini adalah hilangnya fitur sertifikasi IP68. Yaitu perlindungan terhadap masuknya air/debu kedalam ponsel. Alasan utamanya adalah untuk memangkas harga A70 agar bisa dijual dengan harga lebih terjangkau dan sekaligus untuk menjaga persaingan dengan smartphone pesaing lain.

Samsung Galaxy A70 resmi dijual di Indonesia sekitar April 2019 lalu yang dibanderol seharga Rp 5.799.000 untuk varian 6/128 GB dan Rp 5.999.000 untuk varian 8/128 GB.

Samsung A70 Spesifikasi Lengkap

UMUM
BrandSamsung
ModelGalaxy A70
SeriSM-A705F
ReleasedMaret 2019
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
NETWORK
SIMDual
Koneksi2G, 3G, 4G
Data
  • 2G: 384 Kbps
  • 3G: 42 Mbps / 5,7 Mbps
  • 4G: 600 Mbps / 100 Mbps
BODI
Dimensi7,9 x 76,7 x 164,3 mm
Berat183 gram
Material
  • Plastik
Warna
  • Hitam
  • Putih
  • Biru
LAYAR
JenisSuper AMOLED
Ukuran6,7 inci
Resolusi2400 x 1080 piksel
Rasio20:9
PPI393
Perlindungan
  • Scratchh resistant
  • Corning Gorilla Glass 3
Fitur
  • Kapasitif
  • Multi sentuh
  • HDR10+
SOFTWARE
OSAndroid Pie 9.0
UIOne UI
HARDWARE
ChipsetQualcomm Snapdragon 675
Proses11 nm
Core8 (octa)
CPU
  • 2x @Kryo 460 Gold 2.0 GHz
  • 6x Kryo 460 Silver @1.7 GHz
GPUAdreno 612
MEMORI
RAM
  • 6 GB
  • 8 GB
Storage
  • 128 GB
EkspansiYa, microSD hingga 1 TB
KAMERA UTAMA
Triple
  • 32 MP (f/1.7)
  • 8 MP (f/2.2)
  • 5 MP (f/2.2)
LED Flash
Video
  • 2160p@30fps
  • 1080p@240fps
  • 1080p@30fps
Fitur
  • Panorama
  • HDR
  • Wide-angel 123°
KAMERA SELFIE
Single32 MP (f/2.0)
LED Flash
Video1080p@30fps
Fitur
  • HDR
  • Face Unlock
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4.500 mAh
Pengisian CepatYa, 25 Watt
KONEKTIVITAS
USB2.0 Type-C 1.0
Bluetooth5.0
WiFi802.11 a/b/g/n/ac (dual-band)
Radio
GPS
3.5mm jack
NFC
SENSOR
Keamanan
  • Fingerprint (dalam layar)
  • Face Unlock
Lainnya
  • Accelerometer
  • Proximity
  • Light
  • Gyrocsope
  • Compass
  • ANT+
HARGA
Baru
  • Rp 5.799.000 (6/128 GB) Beli
  • Rp 5.999.000 (8/128 GB) Beli
SecondRp 3,7 jutaan
TERKAIT
Samsung Galaxy A10s Samsung Galaxy A20s
Samsung Galaxy A30s Samsung Galaxy A50s

Harga Samsung A70 Terbaru

Samsung Galaxy A70 Harga
Source: Timeincuk.net
HARGA TERBARU
e-Commerce6GB/128GB8GB/128GB
JD.idRp3.940.000Habis | Cek
TokopediaRp3.940.000Rp4.040.000
LazadaRp3.985.000Rp5.409.000
ShopeeRp4.030.000Rp5.399.000
HARGA RESMI
Samsung A70 6GB/128GBRp5.299.000Beli
Samsung A70 8GB/128GBRp5.499.000

Kelebihan Samsung A70

  • Desain bodi elegan dan mewah.
  • Layar Super AMOLED lebih luas, cerah dan kaya warna.
  • Performa handal di segala sektor.
  • Kamera mantap, terutama di siang hari.
  • Baterai jumbo dengan daya tahan super.

Kekurangan Samsung A70

  • Material bodi dari bahan plastik.
  • Tidak ada perlindungan terhadap masuknya air/debu ke ponsel.
  • Layar panjang, sehingga kurang nyaman menjangkau bagian atasnya.
  • Kamera kurang mengesankan di tempat minim cahaya dan tidak ada mode malam.
  • Tidak ada stabilisasi video.

Our Rating
4.14 / 5 average based on 7 reviews.
Desain4.0
Layar4.5
Performa4.5
Kamera4.5
Baterai4.0
Fitur4.0
Harga3.5