VIVO S1 Harga Juni 2020 dan Spesifikasi

VIVO S1
  • HP
    VIVO S1
  • Harga
    Rp 3.599.000
  • RAM
    4GB
  • ROM
    128GB
  • CPU
    Mediatek Helio P65
  • OS
    Android Pie 9.0
  • Layar
    Super AMOLED 6,38 inci FHD+
  • Kamera
    16+8+2 MP
  • Baterai
    4500 mAh
Vivo S1 secara resmi telah masuk ke pasar Indonesia pada akhir Juli 2019 yang dibanderol dengan harga perdana Rp 3.599.000 untuk spesifikasi RAM 4 GB penyimpanan 128 GB. Ini adalah ponsel generasi baru dari S Series yang berkategori kelas menengah.

Mengusung tagline "Unlock Your Style", Vivo S1 ditujukan bagi para kalangan milenial dinamis yang memiliki kepedulian terhadap gaya dan penampilan.

Bukan hanya style, Vivo S1 juga unggul di beberapa sektor sebagai nilai jual untuk menarik minat para calon konsumen. Termasuk membawa tiga kamera belakang, baterai berkapasitas jumbo, performa mempuni, layar luas dengan fitur memukau, dan beberapa keunggulan lainnya.

VIVO S1 Preview

Vivo S1 Spesifikasi
Source: vivo.com

Desain

Sesuai dengan tagline yang diusungnya, desain Vivo S1 memang tampak memukau, stylish, elegan dan terasa sangat premium. Bodinya yang berdimensi 8,1 x 75,2 x 159,5 mm dengan bobot 179 gram memang agak sedikit kebesaran, tetapi nyaman dalam genggaman.

Meskipun casing penutup belakangnya hanya terbuat dari bahan plastik, namun terlihat lebih mirip kaca ketimbang plastik. Bahan ini mirip 3D Glasstic yang digunakan oleh Galaxy A50 atau Galaxy A70 milik Samsung.

Saat terkena pantulan cahaya, akan mengeluarkan efek glossy menyerupai Cosmic. Sehingga menampilkan kesan mewah dan premium. Ini berlaku untuk dua pilihan warna yang tersedia, dalam hal ini ada warna Cosmic Green dan Skyline Blue.

Di bagian belakang ini pula, juga terdapat tiga buah lensa kamera utama yang ditempatkan di sudut kiri atas serta sebuah logo Vivo di sudut kiri bawah.

Lanjut ke bagian depan. Terdapat sebuah panel Super AMOLED berdiagonal 6,38 inci yang didesain dengan notch mungil berbentuk setengah lingkaran di bagian atasnya sebagai wadah kamera selfie 32 MP.

Bezel di bilah kiri dan kanan, terlihat sangat tipis, namun tidak demikian di bagian bawahnya yang mana masih menyisakan bezel lumayan tebal. Tepi kiri kanan layar S1 tampak sedikit melengkung. Hal ini disebabkan karena adanya teknologi 2.5D curved glass screen yang disematkan didalamnya.

Di bagian bawah perangkat, terdapat port 3.5mm jack audio, port microUSB dan sebuah lubang loudspeaker. Lalu di bagian samping kanan, ada tombol pengatur suara dan power. Sementara di samping kiri ada SIM tray dan sebuah "Smart Button".

Smart Button ini berfungsi sebagai shortcut untuk memanggil dua fitur Vivo S1. Jika ditekan sekali akan mengaktifkan Google Assistant, sedangkan dua kali akan mengaktifkan "Jovi Image Recognizer".

Layar

Seperti smartphone kebanyakan masa kini, Vivo S1 juga menawarkan pengalaman layar lapang beresolusi tinggi. Dari sudut ke sudut, diagonalnya adalah sebesar 6,38 inci.

Resolusinya sudah full HD+ (2340 x 1080 piksel) dengan tampilan penuh yaitu memiliki aspek rasio sebesar 19,5:9 dengan persentase rasio screen-to-body sebesar 90% serta mempunyai kepadatan piksel cukup lumayan tinggi 404 ppi.

Ada beberapa hal menarik dari layar ponsel ini. Pertama telah menggunakan layar teknologi milik Samsung, yaitu Super AMOLED. Seperti yang telah kita tau, bahwa sAMOLED ini memiliki beberapa keunggulan tersendiri dibandingkan jenis IPS LCD.

Diantaranya adalah mampu menampilkan visual dengan tingkat warna dan kecerahan layar lebih baik, hemat daya hingga 40% dan beberapa keunggulan lainnya.

Kedua, adanya Always-On display. Yaitu sebuah fitur yang dapat menampilkan penujuk waktu dan icon notifikasi saat kondisi layar dalam keadaan mati. Mengenai fitur ini, Vivo S1 menawarkan berbagai style yang lebih beragam. Sehingga ketika konsumen merasa bosan, bisa dengan mudah menggantinya pada menu pengaturan display.

Ketiga, adanya sensor pemindai sidik jari yang disematkan di dalam layar atau in-screen fingerprint. Vivo menyebutnya sebagai "Screen Touch ID" yang diklaim memiliki kecepatan dan akurasi terbaik hanya sekali sentuhan.

Meski demikian, kebanyakan fitur fingerprint dalam layar saat ini memiliki kecepatan / akurasi pemindaian yang masih kurang jika dibandingkan dengan fingerprint konvensional. Tetapi pada Vivo S1 ini, sudah cukup lumayan bagus.

Keempat, selain berlapiskan teknologi 2.5 curved glass screen, juga dilapisi perlindungan anti gores Corning Gorilla Glass 5 dan anti retak Scratch Resistant.

Bukan hanya itu saja, didalam kotak ritel S1 juga telah disertakan pelindung tambahan berupa screen protector, sehingga semakin menambah kuat dan kokohnya layar Vivo S1.

Performa

Sektor selanjutnya yang menjadi kelebihan Vivo S1 adalah pada sektor performanya. Otaknya mengandalkan chipset Mediatek Helio P65 dengan teknologi proses 12 nm yang di dalamnya terdapat 8 CPU dengan kecepatannya terbagi dua. 2 core berjalan pada teknologi Cortex-A75 @2.0 GHz dan 6 core Cortex-A55 @1.7 GHz.

Lalu untuk pengolah grafisnya, mengandalkan GPU ARM Mali-G52 MP2 yang ditandemkan dengan RAM 4 GB serta penyimpanan internal 128 GB. Sedangkan untuk sistem operasinya, telah berjalan pada Android Pie 9.0 yang dibalut dengan tampilan Funtouch 9.0.

Dengan perpaduan tersebut di atas, Vivo S1 mampu menjalankan lebih banyak aplikasi atau multitasking ataupun game berat dengan sangat lancar, mulus dan responsive. Mengenai gaming, ada satu fitur menarik yang menjadi perhatian kami, yaitu "Ultra Game Mode".

Ultra Game Mode adalah sebuah asisten yang akan menemani pengguna saat bermain game. Didalamnya Game Countdown yang akan menginformasikan sisa waktu sebelum game dimulai dan Multi-Turbo untuk meningkatkan kinerja lebih lancar dan mengurangi frame-drop hingga 300 persen.

Antutu Benchmark

Vivo S1145.884
Samsung Galaxy A50144.574
Realme U1144.436
Xiaomi Mi A3143.000
Xiaomi Redmi Note 7139.075
Realme 3i132.764

Dari 6 ponsel yang diperbandingkan, dalam hal ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda, tercatat Vivo S1 mampu menempati posisi pertama dengan skor Antutu 145.884.

Ini membuktikan, bahwa performa S1 adalah salah satu ponsel terbaik dikelasnya. Mengalahkan Galaxy A50, Realme U1, Xiaomi Mi A3, Redmi Note 7 hingga Realme 3i. Meski demikian, selisih skornya tidak terlalu jauh berbeda.

Kamera

HP Vivo S1 dibekali 4 buah kamera sekaligus, tiga buah di belakang dan satu buah di depan. Kamera utama ditempatkan di sudut kiri atas belakang ponsel yang disusun secara vertikal, disusul LED Flash dibawahnya serta kamera selfie ditempatkan di dalam notch bagian atas layar.

Masing-masing memiliki konfigurasi 16 MP sensor Sony IMX499 bukaan f/1.7 pada lensa utama, 8 MP aperture f/2.2 sebagai kamera ultra-wide angle 120° pada lensa kedua dan 2 MP f/2.4 untuk sensor kedalaman atau efek bokeh untuk lensa ketiga.

Fitur yang mendukungnya ada HDR, Panorama, Portrait Mode, AR Stickers, 120° ultra wide-angle, PDAF, AI Filter, AI Portrait Framing dan AI Face Beauty.

Sementara kamera depan memiliki resolusi cukup besar, yaitu berkekuatan 32 MP yang juga didukung oleh beberapa fitur penting. Diantaranya Face Beauty + Bokeh, AR Stickers, Selfie Lighting, AI Filter serta AI Face Beauty.

Kualitas Gambar

Kamera belakang mampu menangkap gambar pada resolusi 4608 x 3456 piksel. Pengambilan di tempat terang, menghasilkan gambar dengan detail bagus, minim bintik-bintik, kontras warna seimbang, terlihat natural dan lebih kaya warna.

Saat di tempat low-light, kualitas gambarnya cukup lumayan bagus, meski kadang-kadang perlu menggunakan mode HDR untuk tangkapan yang lebih baik. Selain itu, di sekitar gambar juga terkadang muncul beberapa bintik-bintik halus.

Meski begitu, ini merupakan hal yang wajar, mengingat Vivo S1 dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa fitur yang mendukungnya, seperti Portrait, AI Filter, ultra wide-angle, efek bokeh juga bekerja dengan baik dan maksimal.

Kamera depan S1, secara default menangkap foto pada resolusi tertinggi 6528 x 4986 piksel dengan hasil yang sangat memuaskan, baik tanpa ataupun menggunakan fitur yang ada didalamnya. Sayangnya, tidak ada mode HDR pada kamera ini.

Kualitas Video

Untuk video, kamera belakang Vivo S1 sudah mampu merekam video 4K atau 2160p dan 1080p pada kecepatan 30fps. Noise dan tingkat ketajaman warnanya juga bagus, lebih detail serta lebih natural.

Pengguna juga dapat memanfaatkan video face beauty untuk menghasilkan rekaman wajah lebih menarik atau dapat membuat time-lapse video. Sayangnya, tidak ada mode slow-motion yang disertakan didalamnya.

Sementara untuk kamera depan, hanya menyediakan video FHD saja dengan hasil yang tidak jauh dari kamera belakang.

Secara keseluruhan, kamera Vivo S1 sangat memuaskan, bahkan lebih mempuni jika dibandingkan dengan ponsel yang memiliki konfigurasi kamera serupa.

Baterai

Sektor lain yang menjadi keunggula Vivo S1 adalah berbekal baterai dengan daya tampung jumbo 4.500 mAh yang didukung teknologi Dual-Engine Fast Charging 18 watt.

Jika ponsel digunakan secara ekstrim, yang dalam hal ini game, nonton video tanpa henti, mampu bertahan selama kurang lebih 12 jam. Tetapi untuk penggunaan standar, mampu bertahan selama seharian penuh.

Selain itu, juga terdapat fitur "Reverse Charger" yang dapat digunakan sebagai power bank untuk mengisi perangkat lain. Cara pakainya sangat mudah, cukup menyambungkan ponsel dengan kabel data dan OTG, kemudian sambungkan ke perangkat yang diinginkan.

Harga

Salah satu ponsel keluaran 2019 yang layak untuk dibeli adalah Vivo S1. Alasannya adalah selain memiliki banyak fitur unggulan dengan spesifikasi mempuni, juga dibanderol dengan harga murah dan terjangkau.

Saat pertama kali masuk ke Indonesia, Vivo memulai debut penjualan perdana S1 melalui situs jual beli online terkemuka - shopee.co.id dengan sistem pre-oder.

Sedangkan untuk penjualan serentak di seluruh penjuru Tanah Air melalui toko ritel offline mitra Vivo, dilakukan pada akhir Juli 2019. Harga perdana yang ditawarkannya adalah Rp 3.599.000.

Hanya ada satu model yang tersedia, yaitu RAM 4 GB storage 128 GB dengan dua pilihan warna, yakni Skyline Blue dan Cosmic Green.

VIVO S1 Spesifikasi Lengkap

UMUM
BrandVivo
ModelS1
SeriV1907
ReleasedJuli 2019
StatusRilis, tersedia di Indonesia
NETWORK
SIMDual
Koneksi2G, 3G, 4G
Data
  • 2G: 384 Kbps
  • 3G: 42 Mbps / 5,7 Mbps
  • 4G: 300 Mbps / 50 Mbps
BODI
Dimensi8,1 x 75,2 x 159,5 mm
Berat179 gram
Material
  • Plastik
Warna
  • Cosmic Green
  • Skyline Blue
LAYAR
JenisSuper AMOLED
Ukuran6,38 inci
Resolusi2340x1080 piksel
Rasio19,5:9
PPI404
Pelindung
  • Scratch Resistant
  • Corning Gorilla Glass 5
Fitur
  • Kapasitif
  • Screen Touch ID
  • Always On Display
SOFTWARE
OSAndroid Pie 9.0
UIFuntouch 9
HARDWARE
ChipsetMediatek Helio P65
Proses12 nm
CPU8 (octa)
Speed
  • 2x Cortex-A75 @2.0 GHz
  • 6x Cortex-A55 @1.7 GHz
GPUARM Mali-G52 MP2
MEMORI
RAM
  • 4 GB
Storage
  • 128 GB
Ekspansi microSD hingga 256 GB
KAMERA UTAMA
Triple
  • 16 MP (f/1.7, wide) Sony IMX 499
  • 8 MP (f/2.2, ultrawide)
  • 2 MP (f/2.4, depth sensor)
LED Flash
Video
  • 2160p @30fps
  • 1080p @30fps
  • Video Face Beauty
  • Time Lapse
Fitur
  • HDR
  • Panorama
  • Portrait Mode
  • AR Stickers
  • 120° ultra wide-angle
  • PDAF
  • AI Filter
  • AI Portrait Framing
  • AI Face Beauty
SELFIE
Single32 MP (f/2.0)
LED Flash
Video
  • 1080p @30fps
Fitur
  • Face Beauty + Bokeh
  • AR Stickers
  • Selfie Lighting
  • AI Filter
  • AI Face Beauty
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4.500 mAh
Pengisian Cepat dual-engine 18 watt
KONEKTIVITAS
USBmicroUSB 2.0
Bluetooth5.0
WiFi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
Radio
GPS
3.5mm jack
NFC
SENSOR
Keamanan
  • In-screen Fingerprint
  • Face Unlock
Lainnya
  • Accelerometer
  • Proximity
  • Light
  • E-Compass
  • Gyroscope
HARGA
BaruRp 3.599.000 (4/128 GB) Beli
BekasRp 2,3 juta (Perkiraan)
TERKAIT
Vivo V17 ProVivo Z1 Pro
Vivo Y11Redmi Note 8 Pro

HARGA VIVO S1 Terbaru

Vivo S1 Harga
Source: vivo.com
HARGA TERBARU
Toko4GB/128GB
ShopeeRp2.340.000
TokopediaRp2.599.000
JD.idRp2.699.000
LazadaRp2.689.000
HARGA RESMI
Vivo S1 4GB/128GBRp2.599.000

Kelebihan Vivo S1

  • Desain kece, stylish dan elegan.
  • Layar Super AMOLED berdiagonal lapang 6,38 inci dengan perlindungan berlapis.
  • Layar dilengkapi banyak fitur, seperti in-screen fingerprint dan always-on display.
  • Kamera mempuni, cocok untuk segala kondisi.
  • Baterai jumbo berdaya tahan super dan dapat difungsikan sebagai powerbank.
  • Harga relatif terjangkau.
  • Memiliki banyak fitur unggulan dan terbaru.

Kekurangan Vivo S1

  • Bodi agak sedikit kebesaran.
  • Kamera depan tidak didukung HDR.
  • Tidak bisa merekam video slow-motion.
  • Tidak didukung oleh fitur NFC.
  • Masih menggunakan microUSB 2.0 dan bukan Tipe-C.

Our Rating
4.57 / 5 average based on 7 reviews.
Desain4.5
Layar5.0
Performa5.0
Kamera4.0
Baterai5.0
Fitur4.0
Harga4.5

Kesimpulan

Sebagai ponsel kelas menengah dengan harga Rp 3,6 jutaan saja, Vivo S1 tentu merupakan salah satu pilihan terbaik di tahun ini. Karena selain memiliki desain yang kece, elegan dan seperti premium, juga dilengkapi fitur unggulan dan spesifikasi berkelas.

Termasuk memiliki performa yang tak tertandingi, layar luas dengan segudang fitur baru didalamnya, baterai berkapasitas jumbo yang juga dapat digunakan sebagai powerbank, kamera memuaskan dan sebagainya.